Halaman

Minggu, 26 September 2010

20 golongan yang [sangat] dibenci Iblis Sang raja syeithan

Ibnu Abbas ra. berkata,"Pada suatu hari Rasulullah bertanya pada iblis (rajanya setan), berapa banyak musuhmu dari kalangan umatku?" Iblis menjawab, "Ada duapuluh golongan, yaitu:

1. Engkau Muhammad,karena aku sangat membencimu. 2. Orang 'alim (berilmu, cerdik cendikia) yang mengamalkan (mengajarkan, menyebarluaskan) ilmunya. 3. Orang yang hafal Alquran dan mengamalkan isinya. 4. Mu'adzdzin yang mengumandangkan adzan sholat lima waktu dengan niat yang iklas karena Allah. 5. Orang yang mencintai fakir miskin dan anak yatim 6. Orang yang berhati kasih sayang.



7. Orang yang menerima penuh kebenaran 8. Remaja yang giat beribadah 9. Orang yang hanya memakan barang halal 10. Dua orang yang saling mencintai karena Allah 11. Orang yang selalu sholat berjamaah 12. Orang yang mau shalat Tahajud, saat kebanyakan orang terlelap tidur.

13. Orang yang mampu memelihara dirinya dari perbuatan dan ucapan haram 14. Orang yang mau menasihati saudaranya sementara di hatinya tidak ada maksud atau tendensi apapun (ikhlas) 15. Orang yang selalu menjaga wudhunya 16. Orang yang dermawan 17. Orang yang berakhlaq mulia 18. Orang yang meyakini bahwa rejeki itu sudah dijamin oleh Allah SWT 19. Orang yang mau menyantuni janda miskin 20. Orang yang mau menyiapkan bekal untuk menyambut kematiannya.

semoga sedikit ilmu ini bisa menambah pengetahuan agama kita, serta tak kunjung-kunjung berharap besar akan mendapat hidayah, 'inayah, ma'unah wa maghfiroh dari TUHAN yang MAHA ESA.


*refrensi: Syarh Al-Munabbihaat 'Alal Isti'daad Li Yaumil Ma'aad, karya Ibnu Hajar Al-Asqalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar